Radiator mobil.
Radiator mobil.

Helsinkin.com, Di Indonesia, terdapat banyak toko online yang menyediakan beragam jenis barang yang dibutuhkan untuk kebutuhan tertentu misalnya untuk mobil. Seperti di marketplace yang memiliki lebih dari jutaan penjual ini menyediakan coolant radiator yang cocok untuk kendaraan roda empat yang Anda miliki. Coolant radiator mobil berfungsi untuk menjaga agar mesin mobil tetap dalam kondisi yang dingin atau tidak mudah panas sehingga mobil tetap bisa berjalan dengan baik.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Jika cairan atau coolant radiator yang terpasang pada mobil tersebut kurang, maka akan menyebabkan mesin mobil Anda mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Karena hal tersebut, mobil bisa mogok dan bisa mempengaruhi pendingin AC mobil sehingga menyebabkan AC tidak bisa mengeluarkan dingin secara maksimal.

Biasanya, air yang dipilih adalah air basa namun jenis air ini tidak cepat untuk mencapai titik didih dan dikhawatirkan memunculkan gelembung yang bisa menyebabkan korosi atau karat mesin.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Terdapat 4 cairan radiator yang bisa dipilih dan dipergunakan. Pertama adalah air biasa. Air biasa ini biasanya menjadi pilihan bagi sebagian besar pemilik mobil apalagi jika dalam kondisi yang terdesak, misalnya cairan radiator yang biasa digunakan sudah habis dan Anda perlu secepatnya mendinginkan mesin mobil.

Selain karena dalam kondisi terdesak, pemilihan air biasa untuk radiator ini juga disebabkan karena murah dan mudah untuk diperoleh. Akan tetapi, air biasa mempunyai titik didih rendah sehingga sistem pendingin kurang berjalan maksimal dan cairan tersebut juga bisa menyebabkan korosi atau karat yang disebabkan karena gelembung yang terbentuk saat cairan tersebut mendidih.

Kedua adalah coolant radiator. Cairan untuk radiator ini efektif untuk dipergunakan dan bisa digunakan langsung tanpa perlu Anda encerkan lagi. Coolant radiator mobil ini memiliki harga puluhan hingga Rp 100an ribu. Cairan ini mempunyai titik didih tinggi yaitu kurang lebih 118oC namun memiliki kelemahan yaitu harganya yang lumayan mahal dibandingkan dengan jenis cairan yang lainnya apalagi kebutuhan Anda cukup banyak yang bisa mencapai 2 galon.Ketiga adalah radiant super coolant. Jenis cairan untuk radiator ini bisa menjadi alternatif yang lainnya.

Akan tetapi, jika memilih cairan ini Anda harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan menggunakan air dan perbandingan komposisi untuk pengenceran adalah 50:50 atau sama besar. Akan tetapi, keunggulan dari cairan ini adalah memiliki titik didih yang cukup tinggi yaitu sebesar 130oC.

Keempat adalah antifreeze dan coolant protector. Cairan radiator ini perlu untuk diencerkan terlebih dahulu sebelum pemakaiannya. Beda dari jenis cairan untuk radiator jika dibandingkan radiator super coolant adalah Anda harus menyesuaikan iklim untuk pengenceran cairan ini, sedangkan untuk iklim tropis seperti di Indonesia, menggunakan perbandingan pencairan antara coolant dan air adalah 50:50 karena di Indonesia tidak terlalu perlu anti freeze.

Dari jenis coolant radiator tersebut, sebelum memilih dan membeli cairan radiator mobil, ada beberapa tips pemilihan yang harus anda perhatikan, yaitu:

  • Perhatikan apakah terdapat kandungan glycol atau tidak. Glycol tersebut bermanfaat untuk menurunkan titik beku dan meningkatkan titik didih.
  • Perhatikan tingkat propylene. Pilih yang memiliki konsentrasi propylene 20-50% dan tingkat konsentrasi tersebut bisa diketahui dengan alat refraktometer.
  • Mempunyai titik didih yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga kerja radiator dan lebih awet.
  • Tidak menimbulkan korosi atau karat serta endapan yang ada di saluran pendingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here