helsinkin.com_perempuan-tidak -bisa-haid

helsinkin.com, Menstruasi aau haid sudah menjadi bagian dari kehidupan wanita dan hal tersebut pasti terjadi setiap bulanya, namun apa yang terjadi jika perempuan tidak bisa haid atau haidnya terganggu? Mari kita bahas sama-sama masalah tersebut di bawah ini.

Perempuan yang tidak bisa haid bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti hamil, menopause dan faktor kesehatan atau sering di sebut amenore. Jika kamu tidak sedang hamil dan masih muda, sudah di pastikan ada masalah pada kesehatan kamu sehingga tidak bisa haid. Jika sudah seperti itu segeralah periksakan diri ke dokter dan berkonsultasi, karena jika di biarkan memang cukup berbahaya.

Amenore terdiri dari dua jenis yang pertama adalah amenori primer, dimana perempuan tersebut belum pernah mengalami haid atau menstruasi sekalipun hingga menginjak umur 16 tahun. Padahal normalnya perempuan akan haid di usia 9 hingga 18 tahun, dan memiliki rata-rata usia 12 tahun.

Jenis amenore yang ke dua adalah amenore sekunder, di mana kondisi perempuan tidak bisa haid setela 3 siklus lebih padahal sebelumnya sudah pernah haid. Berikut ini adalah beberapa penyebab perempuan tidak bisa haid yang umumnya di ketahui.

Penyebab Anemore Alami

Perempuan yang tidak bisa haid dapat di sebabkan oleh faktor alami seperti kehamilan, menyusui dan menopause. Hal tersebut wajar dan bukan terjadi karena masalah kesehatan, namun jika kamu tidak dapat haid jika tidak mengalami hal di atas segeralah periksakan kesehatan ke dokter.

Gaya Hidup

Gaya hidup juga dapat menjadi penyebab mengapa perempuan tidak bisa haid, biasanya mereka sering melakukan olahraga berat terlalu berlebihan sehingga memperngaruhi area reproduksi pada perempuan. Strees juga dapat menjadi penyebab lain, atau jika kamu memiliki tubuh yang dengan lemak yang sedikit dapat juga menjadi penyebab.

Hormon Yang Tidak Seimbang

Penyebab perempuan tidak bisa haid selanjutnya adalah karena faktor ketidak seimbangan hormon, hal tersebut biasanya di sebabkan oleh adanya masalah kesehatan. Penyebab lainya juga dapat di sebabkan oleh rendahnya kadar estrogen dalam tubuh atau memiliki kadar tetosteron yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi siklus haid pada perempuan.

Konsumsi Obbat-obatan

Jika kamu termasuk perempuan yang pernah mengonsumi obat-obatan atau melakukan pengobatan dengan anti-psikotik, kemoterapi, anti-depresan atau obat tekanan darah tinggi hal tersebut dapat menjadi penyebab. Penyebab lainya bisa juga di karenakan kamu menhentikan penggunaan pil KB secara tiba-tiba, sehingga dapat menghentikan mestruasi.

Kelainan Fisik

Kelainan fisik seperti infeksi pada rahim dapat juga menjadi penyebab perempuan tidak bisa haid, biasanya hal ini di sebabkan terbentuknya jarungan parut pada rahim setelah operasi pada rahim.

Kelainan Genetik

Kelainan genetik juga dapat menjadi penyebab mengapa perempuan menjadi tidak dapat haid atau menstruasi, biasanya hal tersebut terjadi karena kelainan genetic seperti sindrom turner atay sindrom sawyer sehingga dapat menyebabkan perempuan tidak dapat haid.

Jika Kamu Mengalami Anemore Sebaiknya Kapan Memeriksakan Diri Ke Dokter?

Untuk remaja putri yang belum pernah haid sama sekali jika sudah menginjak umur 16, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter. Untuk remaja putri yang sudah menginjak umur 14 namun belum menunjukan tanda-tanda pubertas, sebaiknya juga segera periksakan diri ke dokter.

Untuk perempuan yang sudah mengalami haid atau menstruasi sebelumnya, jika tidak kunjung haid selama tiga siklus berturut-turut sebaiknya segerakan memeriksakan kesehatan ke dokter.

Nah itulah sedikit penjelasan dan penyebab dari perempuan tidak bisa haid, jika kamu mengalami anemore ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here