helsinkin.com_menjaga-kesehatan-saat-hamil

helsinkin.com, Saat proses kehamilan kesehatan ibu dan janin menjadi hal yang paling penting, oleh karena itu suami dan ibu hamil sendiri harus mengetahui cara agar kesehatannya terjaga saat hamil. Kali ini kita akan memberikan tips menjaga kesehatan saat hamil, agar ibu dan jabang bayi terjaga kesehatanya hingga proses melahirkan dan mendapatkan bayi yang sehat.

Saat sedang dalam proses kehamilan pergerakan dan aktivitas lainya pasti akan di batasi, sehingga ibu hamil tidak dapat beraktivitas normal seperti biasanya. Selain itu makanan yang di makan harus dapat memenuhi nutrisi ibu dan janin, dan tidak boleh mengonsumsi makanan secara asal-asalan. Kesehatan dan kebugaran ibu hamil juga sangat penting, agar bayi di dalam kandungan dan ibu hamil sendiri mendapatkan manfaaatnya.

Berikut ini adalah tips kesehatan ibu hamil, agar ibu hamil tetap bugar dan sehat selama kehamilan berlangsung.

Memperbanyak Waktu Untuk Berisitrahat

Ibu hamil memang di anjurkan agar memperbanyak istirahat agar tidak terlalu kelelahan, sehingga aktivitas normalnya harus di batasi dan di kurangi. Jika ibu hamil mendapatkan waktu istirahat yang cukup, kesehatan kehamilan akan terjaga dan janin juga akan ikut sehat. Namun bukan berarti ibu hamil harus terus bermalas-malasan, karena saat proses kehamilan juga ibu hamil di sarankan selalu bergerak.

Menjaga Asupan Makanan

Saat dalam proses kehamilan, nafsu makan ibu hamil akan meningkat dan hal tersebut wajr-wajar saja. Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh ibu hamil akan di serap oleh janin juga, sehigga harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang masuk.

Ibu hamil di sarankan mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan gizi, serta jangan lupa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Makanan yang mengandung omega 3 juga sangat di anjurkan, agar perkembangan otak bayi menjadi sangat sempurna.

Menjaga Kesehatan Lingkungan

Lingkungan juga harus menjadi perhatian karena jika ibu hamil tinggal di lingkungan yang kotor, kesehatan ibu dan janin akan terganggu. Jadi usahakan ibu hamil tinggal di lingkungan yang bersih dan terhindar dari hewan peliharaan agar kesehatn ibu hamil tetap terjaga, selain itu bersihkan tempat-tempat yang dapat menggenang air dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Rutin Berolahraga Ringan

Meskipun ibu hamil di anjurkan untuk banyak beristirahat, namun ibu hamil juga perlu melakukan olahraga. Namun olahraga yang di jalani ibu hamil berbeda dan tidak bleh terlalu berat, misalnya berjalan-jalan santai agar tubuh ibu hamil tetap sehat.

Saat kehamilan sudah mendekati kelahiran, berjalan-jalan dapat membantu membuka jalan lahir jika ingin melahirkan secara normal. Atau jika tidak ingin berjalan-jalan secara biasa, ibu hamil dapat berbelanja dan berjalan di pertokoan pastinya tidak akan terasa namun memiliki manfaat yang sangat baik.

Rutin Memeriksakan Kandungan

Memeriksakan kandungan dengan rutin adalah hal yang wajib, karena dengan begitu kita akan mengetahui kondisi janin di dalam kandungan. Biasanya setiap kita memeriksakan kehamilan, dokter kandungan akan memberikan informasi seputar perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain itu dokter kandungan akan memberikan vitamin khusus yang dapat menambah kesehatan ibu dan jabang bayi, sehingga kesehatan ibu dan jabang bayi akan terjaga.

Nah itulah tips menjaga kesehatan saat hamil yang perlu ibu hamil dan suami tahu, agar kesehatan ibu maupun jabang bayi saat kehamilan hingga proses melahirkan datang terjamin dan melahirkan bayi yang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here