Menu Tutup

Tips Skincare Routine Untuk Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dihadapi oleh sejuta umat alias banyak orang. Hal ini seringkali membuat mereka sebal dan kesal dengan kehadiran si jerawat ini.

Jika kalian mempunyai pori – pori wajah yang besar dan mudah berjerawat, maka kulit kalian termasuk jenis acne prone. Hal ini tak terlepas dari kulit kalian yang berminyak atau kering.

Kerawat bisa dimiliki oleh kulit berminyat atau kering. Kulit kering bisa acne prone karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan, rutinitas perawatan kulit yang buruk, dan faktor lain yang mengakibatkan pori – pori tersumbat.

Kalian tak perlu merasa minder karena memiliki kulit acne prone. Karena, faktor terbesar seseorang memiliki kulit acne prone adalah karena hormone yang bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Faktor lainnya seperti faktor genetik, tingkat stres, atau makanan yang dikonsumsi memang bisa berpengaruh, tapi paling terbesar adalah hormon.

Jadi, sulit rasanya untuk mampu mengontrol hormon. Hal ini juga yang menyebabkan wanita pada masa menstruasi, hamil, atau menyusui akan lebih mudah untuk muncul jerawat.

Mungkin terkadang kita malas melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan jerawat di wajah ini dan hanya membiarkannya hingga hilang dengan sendirinya. Namun sebenarnya, jika dibiarkan begitu saja, bisa berisiko bertambah parah dan banyak.

Karena itulah, kalian disarankan untuk mengaplikasikan skincare yang tepat ke kulit wajah agar terhindar dari segala masalah kulit wajah, terutama membasmi jerawat – jerawat yang aa di wajah.

Untuk melakukannya, kita perlu tahu urutan penggunaan skincare malam yang tepat untuk pemilik kulit berjerawat. Mau tahu? Yuk simak di sini.

1.Double Cleansing

Double Cleansing

Double cleansing merupakan langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan, terutama setelah beraktivitas di luar rumah seharian.

Namun walaupun hanya di rumah saja, juga harus dilakukan loh. Karena itu, kalian bisa membersihkan segala riasan wajah dan kotoran yang menyumbat pori – pori menggunakan produk first cleanser.

Namun, pilihlah produk yang water based seperti micellar water dan hindari produk dengan kandungan pekat atau berbasis oil seperti cleansing oil.

Karena, hal ini dikhawatirkan dapat membuat wajah jadi terasa berminyak dan memicu masalah jerawat semakin parah.

Setelah itu, kalian bisa mencuci wajah agar kondisinya benar – benar bersih sehingga tak ada alasan jerawat datang menghampiri.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih produk facial wash. Dibandingkan dengan menggunakan pembersi wajah khusus kulit berjerawat, lebih baik gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas sulfat.

Karena, pembersih wajah khusus kulit berjerawat biasanya terlalu keras dan bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Sebaiknya, gunakan pembersih wajah yang lembut khusus untuk kulit acne prone.

Jenis pembersih ini bisa melarutkan kelebihan minyak, kotoran, bakteri tanpa membuat kulit menjadi lebih kencang dan rentan iritasi.

Selain itu, pilih juga produk yang berlabel non-comedogenic agar tidak menyumbat pori dan menimbulkan jerawat baru. Cucilah wajah sebanyak dua kali, saat bangun dan sebelum tidur. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena bisa membuat kulit semakin mudah berjerawat.

Kalian juga harus menggunakan scrub wajah sesekali namun jangan terlalu sering karena hal ini bisa membuat kulit wajah over exfoliating dan menimbulkan jerawat baru.

Scrub wajah bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah dan biasa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pilihlah butiran scrub yang halus atau berjenis chemical exfoliator.

2.Pakai Toner, Serum, Lalu Pelembab

Pakai Toner, Serum, Lalu Pelembab

Selain untuk menyegarkan wajah, toner juga berfungsi untuk mengembaikan keseimbangan PH kulit setelah mencuci wajah.

Kalian bisa memilih toner dengan kandungan tea tree atau salicyclic acid yang sekaligus bisa menangkal masalah jerawat hingga pori – pori. Selain itu, keduanya juga bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah kita.

Lalu, kalian bisa memilih serum dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya. Kandungan ini dipercaya dapat membantu menutrisi wajah agar terbebas dari tanda-tanda penuaan, plus untuk mengobati masalah jerawat aktif kita.

Ketika jerawat tengah meradang, kulit kalian membutuhkan pertolongan. Coba pakai serum berbahan aktif sebagai langkah perawatan kulit di malam hari.

Moms bisa mencoba kandungan bahan seperti adapalene, asam salisilat (BHA), benzoyl peroxide, dan niacinamide untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menenangkan peradangan, dan menyeimbangkan produksi minyak.

Selanjutnya, gunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak dengan tekstur gel yang bisa mengidrasi kulit tanpa membuatnya menghasilkan terlalu banyak sebum. Gunakan pelembab dengan bahan dasar hyaluronic acid, glycerin, atau ceramide.

Itulah step step yang harus kalian lakukan saat memiliki kulit berjerawat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *